Kamis, 17 Februari 2011

prisip dasar kehidupan

Saya mendapatkan pengetahuan sedikit tentang bagaimana prinsip2 dasar kehidupan ini dari saat intermezzo perkuliahan saya tadi sore. Entah mengapa memang masuk akal bagi saya. Maka langsung saja saya tuliskan.

Ada beberapa prinsip-prinsip dasar kehidupan, antara lain sebagai berikut:
Etika
  Dan ternyata memang etikalah yang dapat membuat perbedaan. Bagaimana seseorang bersikap dan berlaku dalam kehidupan sehari-harinya. Tanpa etika, Dapat anda bayangkan sendiri bagaimana hasilnya.
Kejujuran & Integritas.
  It's hard to explain, and also hard to do.
Tanggung jawab. 
  Klo yang ini sih, dalam kehidupan saya pribadi sering saya dapatkan atau temui bagaimana yang namanya tanggung jawab ini. Banyak dari kejadian yang saya lihat, semuanya seakan selalu lari dari tanggung jawab.
Hormat pada aturan & hukum / norma masyarakat.
  Klo yang ini sih, udah ga perlu ditanya dan dipikirkan. Coba saja lihat dalam perjalanan anda ke tempat aktifitas dan juga perjalanan anda pulang di jalanan.
Hormat pada hak orang/warga lain
  How about me ?? how about you ??

Dari kelima prinsip dasar tersebut, semuanya mudah sekali kita temui di kehidupan sehari-hari kita. terutama bila kita hidup di Indonesia (tanpa bermaksud merendahkan) namun, memang sangat mudah sekali ditemui.
Sungguh ironis memang, katanya kita hidup di dunia belahan timur, yang terkenal dengan "segala" yang baik-baiknya, misalnya keramahan, kesopanan, dll. Namun klo menurut saya, itu berlaku bila kita bertemu dengan orang asing saja (orang-orang barat), tapi klo udah ketemu ama "tetangga" sendiri, beuhhhh judesnya minta ampun!!!

Hormat pada aturan & hukum/norma masyarakat. Wah... klo ini sih, liat aja klo lagi mo pada antri. Pernah liat ngga orang Indonesia antrinya bener (kecuali klo udah DIPAKSA) ?? Klo untuk bagian antri di Indonesia sih, ini adalah hal yang paling saya keluhkan. Mau antri apa?? coba sebutkan.
Antri lampu merah?? wah... seruduk-serudukan. Antri isi bensin ?? selip sana selip sini (sambil pura-pura ngerasa ngga ada apa2 ato dengan wajah sok dingin). Antri apa lagi ?? Pernah dengerkan? karena ga mau ato ga bisa ngantri, orang sampe mati. Padahal menurut saya, tanpa perlu barikade ataupun aturan untuk mengantri seharusnya dengan sendirinya bisa sadar, bahwa kita ituh harus ngantri!! Tanpa perlu diajarin, alias sudah harus ngerti sendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar